Istilah Dalam Bidang Radio Komunikasi

omClassic.com ~ Sedikit membahas pengertian serta arti dari singkatan radio komunikasi dan gelombang radio. Pengertian, Istilah, Singkatan HF, VHF dan UHF. Mari kita bahas sedikit dahulu mengenai signal UHF yang sering dipakai dinas – dinas di indonesia ini.

Ultra High Frequency (UHF) merupakan gelombang elektromagnetik yang bekerja di frekuensi antara 300 MHz sampai dengan 3 GHz (3.000 MHz). Serta Panjang gelombang berkisar dari satu sampai 10 desimeter atau sekitar 10 cm sampai 1 meter, sehingga UHF juga dikenal dengan nama gelombang desimeter.

Gelombang radio dengan frekuensi di atas pita UHF adalah super high frequency atau frekuensi super tinggi (SHF) dan extremely high frequency atau frekuensi ekstrem tinggi (EHF). Sedangkan sinyal frekuensi yang lebih rendah termasuk ke dalam very high frequency atau frekuensi sangat tinggi (VHF).

 

Perbedaan antena VHF dan UHF pada dasarnya terletak pada ukurannya. Frekuensi UHF jauh lebih tinggi daripada VHF, jadi antena yang digunakan lebih kecil. Perbedaan transmisi VHF dan UHF hanya pada area frekuensi mereka berasal.

Kami akan terus berusaha untuk terus mengumpulkan data dan informasi tentang singkatan kata dan istilah agar kedepannya istilah dan singkatan kata dari kami memuaskan untuk semua pengunjung weblog ini.

Artikel tentang singkatan kata dan istilah teknologi khususnya pada bidang radio komunikasi HF VHF dan UHF ini jauh dari kata sempurna.

 

Sedikit singkatan dari omClassic :

 

HF High Frequency
VHF Very High Frequency
UHF Ultra High Frequency
AM Amplitude Modulation
FM Frequency Modulation
SSB Single Side Band
Tx Rx Transceiver/Receive
KHz Kilo Heftz
MHz Mega Hertz
RMS root mean square
PTT Push To Talk
AC Alternating Current
RF Radio Frequency
dB Decibel
DC Direct Current

Leave a Reply